PENGUSAHA RAMEN :
Introduction :
Sebagai awalan, mari kita mencari tahu apakah itu "ramen" :)
Ramen adalah salah satu jenis mi dari jepang, ramen terbuat dari gandum, walaupun ramen aslinya berasal dari cina, ramen sangat populer di jepang dan banyak sekali toko/warung yang menjualnya. Bahkan jepang menyediakan ramen instan untuk para pencinta ramen agar dapat memakan ramen dengan cepat dan mudah di rumah masing-masing. Tidak hanya dijepang, Negara negara lain sudah mulai memproduksi ramen, tentu saja indonesia juga.
Salah satunya adalah Nikkou Ramen di Yogyakarta.
Nikkou Ramen adalah rumah makan yang menyediakan masakan Jepang, dengan bumbu-bumbu yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Harganya yang terjangkau serta porsi yang banyak menjadi daya tarik warung Ramen ini. Nikkou termasuk salah satu pelopor warung Ramen yang ada di Yogyakarta sebelum menjamurnya bisnis kuliner Jepang-jepangan melanda kawasan Jogjakarta ini.
Dibawah ini penampakan warung Nikkou Ramen, alamatnya ada di Jl A.M Sangaji No. 90 Yogyakarta.
Suasana lantai 1 Nikkou Ramen
Suasana lantai 2 Nikkou Ramen
Daftar menu Nikkou Ramen
Penampakan menu :
Karyawan-karyawan nikou ramen dengan seragamnya.
Nah sekian pengenalannya mengenai nikkou ramen, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nikkou ramen, kami telah mewawancarai pemilik dari nikkou ramen. owner dari warung ramen ini adalah lulusan kehutanan UGM dan Ekonomi UGM yang akrab di kenal mas sie dan mbak im, Mereka merintis warung ramen ini saat berumur 25 tahun pada tahun 2008 dengan 2 karyawan, Mereka membutuhkan modal sekitar 15 juta dengan resep yang mereka dapatkan dari teman di jepang.
Mas Sie ( Kiri )
Berikut adalah proses wawancara dan hasilnya.
Proses wawancara
Ini adalah hasil dari wawancara kami :
Awal mula berbisnis Nikou ramen
Alasan Owner membuka bisnis nikkou ramen
adalah karena Beliau memiliki hobi makan, dan otaku. Sehingga, restoran ramen
menjadi prospek bisnis yang fun selain sambil bekerja. Selain itu menurut
beliau ramen juga sudah familiar dengan komunitas jepang di Indonesia.
Untuk
resepnya sendiri owner bertanya kepada temannya dari Jepang sembari melakukan
survey. Ramen di Nikou Ramen merupakan hybrid sehingga rasanya berbeda dengan
asli Jepang yang memiliki rasa lebih plain, namun owner menambahkan
rempah-rempah supaya rasanya tidak datar dan masuk dengan lidah orang
Indonesia.
Modal dan Pendapatannya
Modal awal membuka Nikou Ramen berkisar 15
juta rupiah. Sehari Nikou Ramen dapat menjual hingga 300 porsi, dengan range
pendapatan antara dua sampai lima juta/hari. Nikau Ramen sempat membuka cabang
di seturan hingga awal 2014, namun kontraknya habis sehingga tutup.
Kesan-kesan selama berbisnis
Ada hal yang menarik selama owner menjalankan
bisnis ini, yaitu ketika beliau
menyelenggarakan lomba makan ramen dalam sebuah festival jepang di Jogja
Expo Center (JEC), dimana tantannya adalah menghabiskan 2 mangkok chili ramen,
dimana ada peserta yang pada awalnya tampak sombong, terlihat kepayahan
menyelesaikan tatangan tersebut, adaa pula peserta yang akhirnya masuk rumah
sakit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar